Perencanaan Keuangan, Perhatikan Perputaran dan Pembukuannya

Dalam sebuah bisnis wajib hukumnya untuk melakukan perencanaan keuangan. Bisnis yang sehat tentu memiliki perputaran uang yang baik dan jelas. Semuanya harus transaparan dan diketahui oleh semua anggota terkait. Jangan pernah lupa untuk mencatat apapun kebutuhan dan keuangan yang dimaksud dalam tabel khusus. Teknik pembukuan yang tepat mendukung proses rencana keuangan yang lebih baik. 

Perencanaan Keuangan, Pahami Alurnya

Untuk mendapatkan perencanaan keuangan yang baik tentu membutuhkan alur yang tepat. Adapun alur yang dibutuhkan bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Monitoring

Selalu lakukan monitoring dari apapun transaksi yang terjadi terkait perencanaan keuangan tersebut. Monitoring ini bertujuan untuk melihat apa saja yang perlu dibenahi dari sistem keuangan dan distribusinya. Sehingga bisa dengan mudah memilah mana yang harus diganti dan dipertahankan. Monitoring bisa dilakukan untuk taraf usaha skala mana saja baik yang besar maupun kecil. 

2. Evaluasi

Setelah proses monitoring berdasarkan beberapa bulan terakhir terkait keuangan maka bisa dilakukan evaluasi. Dalam hal perencanaan keuangan evaluasi dilakukan untuk memutus tali kegiatan yang merugikan dalam sebuah bisnis. Proses perencanaan keuangan keluarga ini juga berlaku untuk kalangan non bisnis agar membuat keuangannya tetap stabil. 

3. Gunakan asuransi

Meskipun kedengarannya seolah tidak perlu namun asuransi adalah perencanaan keuangan yang cukup baik. Seperti halnya asuransi untuk keselamatan jiwa dan juga kecelakaan. Kejadian yang tidak diinginkan ini tentu membutuhkan jumlah yang banyak nantinya. Jika sudah ada asuransi maka hati menjadi lebih tenang. 

4. Bayar hutang

Jangan lengah dengan tanggungan hutang yang masih dimiliki. Lunaskan sekarang jangan ditunda jika uangnya memang sudah ada. Selain untuk memutus bunga yang terjadi hal ini juga membuat perencanaan keuangan menjadi lebih terstruktur baik. 

5. Investasi

Lakukan investasi dalam banyak hal menguntungkan untuk perencanaan keuangan ini. Investasi terkait bisa dalam bentuk saham, perabot tahan lama atau alat produksi untuk bisnis. Uang untuk keperluan ini memberikan manfaat lebih banyak dari pada dibiarkan begitu saja. 

Perencanaan Keuangan Pribadi, Mulailah Dari Hal Kecil

Ada banyak cara untuk melakukan perencanaan keuangan bagi pemula yang bisa diterapkan mulai sekarang. Adapun tindakan tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Belanja sesuai kebutuhan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk perencanaan keuangan adalah belanja sesuai kebutuhan saja. Pastikan Anda memiliki rincian atau list belanja bulanan untuk kebutuhan inti selama itu. Kegiatan ini juga berguna untuk pembelian bahan baku bisnis atau kebutuhan bulanan dalam produksi.

2. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Ada banyak orang yang masih terjerat antara kebutuhan dan keinginan dalam perencanaan keuangan. Padahal keduanya adalah hal berbeda, kebutuhan adalah suatu hal yang benar-benar penting dibutuhkan. Sementara keinginan adalah hal yang belum tentu benar dibutuhkan. 

3. Hemat

Mulai dengan berhemat membuat perencanaan keuangan menjadi berhasil. Anda bisa melakukan perencanaan keuangan perusahaan dengan tidak terlalu banyak belanja untuk bahan yang tidak tahan lama. Sementara untuk keuangan pribadi bisa dengan membeli seperlunya saja jangan terlalu kalap. 

4. Catat biaya

Utamakan biaya bulanan pasti dalam perencanaan keuangan seperti biaya listrik, pajak atau cicilan tetap. Catat semua keperluan ini agar tahu ke mana saja uang yang dimiliki keluar dan masuk. 

Perencanaan Keuangan Adalah, Pahami Keuntungannya

  1. Produktivitas meningkat

Keuntungan pertama melakukan perencanaan keuangan adalah membuat produktivitas meningkat. Alasannya adalah dalam contoh tabel perencanaan keuangan keluarga ini fokus pada hal-hal yang penting saja. Meminimalisir pembelian barang yang tidak penting sehingga produktivitas tetap berjalan baik. 

2. Kemajuan bisnis

Anda bisa melihat maju tidaknya sebuah bisnis dari perencanaan keuangan. Bisnis yang maju memiliki keuangan yang lebih baik dan mengerti pembukuan. Mereka paham keluar masuknya uang dalam perusahaan terkait. 

3. Pengalokasian keuangan

Keuntungan ketiga dari menggunakan perencanaan keuangan ini adalah bisa mengalokasikan uang dengan baik. Anda menjadi lebih paham apa yang harus dibeli dan tidak perlu dibeli. 

Dalam melakukan perencanaan keuangan tahun 2021 tentunya sangat membantu pelaku usaha ataupun untuk kebutuhan pribadi saja. Anda bisa lebih bijak dalam mengalokasikan dana sesuai kebutuhan.